Mending Mana #1: Appetite for Destruction vs Use Your Illusion

1679
Appetite for Destruction vs Use Your Illusion

Salah satu pekerjaan tersulit di dunia adalah memilih mana yang terbaik: Appetite for Destruction atau Use Your Illusion. Dua-duanya album Guns N Roses, dan keduanya sama-sama dahsyat.

Appetite for Destruction adalah album debut Guns N Roses. Dirilis pada 1987. Album ini menjadi album debut paling laris sepanjang sejarah, terjual sekitar 20 juta keping. Hingga sekarang, album klasik yang masuk dalam 500 Album Terbaik Sepanjang Masa versi Rolling Stone ini terjual hingga 30 juta keping di seluruh dunia.

Sedangkan Use Your Illusion adalah dobel album yang dirilis pada 1991. Sebagai album yang diperam lama, album ini sangat berhasil. Nominasi Grammy Award adalah salah satu buktinya. Album ini juga berhasil mengeluarkan lagu cemerlang, “November Rain”.

Sekarang pekerjaan beratnya adalah kamu harus menentukan album mana yang paling bagus. Setelah melalui pertimbangan panjang, diselingi puasa mutih 7 hari, maka saya dengan berat hati harus memilih: Appetite for Destruction.

Kenapa saya memilih album ini? Pertimbangannya sederhana: ini album yang tidak bisa ditandingi dan diulangi. Bahkan kalau saja Axl Rose berdamai dengan Slash, lalu mengadakan reuni dengan Izzy, Duff, dan Steve, album seperti Appetite tak akan bisa dibuat lagi.

Alasannya tentu adalah umur. Iya, umur. Appetite adalah album yang punya kekuatan yang tak akan bisa diulangi: darah muda.

Segala teenage angst (maaf saya memakai istilah ini, karena diksi kemarahan rasanya kurang pas), keberingasan, kebrutalan, kebengalan, kegelisahan, hingga romantisme remaja 20-an tahun ada di album ini. Dan segala sifat serta karakter remaja 20-an ini tidak akan bisa diulangi. Sederhana, karena waktu tak bisa diputar kembali.

Album Appetite nyaris tak punya kelemahan. Skornya 10/10. Tak ada lagu yang jadi anak bawang. Semua lagu punya kekuatan masing-masing. “Welcome to the Jungle” yang kotor dan brutal; “Sweet Child O’ Mine” yang manis tapi menyimpan hulu ledak dahsyat di bagian solo gitar; “Night Train” dan “Mr. Browstone” dengan baik memamerkan groove yang susah dipunyai band segenerasinya; “Paradise City” yang megah dan jadi lagu stadium rock, hingga “Rocket Queen” yang menyajikan hubungan romansa binal, tapi berakhir dengan elegan dan indah.

Use Your Illusion memang album yang tak kalah paten. Album ini berhasil menyajikan Guns N Roses dalam spektrum yang lebih luas. Kamu bisa menemukan hard rock, blues, punk rock, hingga art rock ala Guns N Roses di album ini. Tapi tetap saja, album ini, menurut saya, masih tak bisa mengalahkan Appetite for Destruction.

Appetite for Destruction adalah tipikal album yang bakal dikenang hingga jangka waktu yang panjang. Saat ini sudah 27 tahun berlalu, dan album ini masih jadi perbincangan. Saya yakin, hingga 50 tahun kemudian, atau bahkan 100 tahun lagi, album ini masih akan tetap jadi perbincangan. Intro “Sweet Child O Mine” masih akan tetap jadi pelajaran penting bagi mereka yang berlatih gitar, para vokalis baru akan terus belajar menyanyikan “Welcome to the Jungle”, dan para pria penyuka rock akan memakai bait-bait terakhir “Rocket Queen” untuk merayu calon pasangannya.

Iya, Appetite for Destruction memang album yang sekuat itu. []

Post scriptum: Mending Mana adalah rubrik iseng yang saya buat, terinpirasi dari permainan antar kawan. Nantinya saya akan memilih antara dua pilihan. Entah itu dari musik, film, buku, dan banyak hal lain.

7 KOMENTAR

  1. saya tetap memilih Use Your Illusion
    keren aja sih, lirik2nya lebih asik dan melody2nya Slash lebih variatif
    hanya sayang ada yg kurang setelah suara drum tak lagi dipegang Adler, dan Izzy tinggal cerita 🙁

  2. buat gue.. album appetite for destruction gak ada yg bisa nandingi.. andai dulu mereka masih tetep skuad lama.. dan eksist smpai skrg..psti keren.

  3. Tetep pilih appetite for destruction,
    Karena ibaratnya ini album best of the bestnya guns n roses,
    Terutama saya suka rocket queen dan paradise city. .

  4. appetite for destruction lah..the best..nyampe sekarang masih sy dengerin tuh album..sebanding dengan album nya rhcp “blood sugar sex magix”

TINGGALKAN KOMENTAR