Bebek Songkem Yang Membakar!!

403

Kami sampai di daerah Sampang pada pukul 12 siang. Waktunya makan siang. Kalau di daerah Sampang, tak ada yang lebih pas untuk makan siang selain Bebek Songkem! Apa itu bebek songkem? Bebek Songkem adalah bebek yang dikukus dengan bumbu rahasia. Mungkin, istilah modern bagi songkem adalah presto. Sebab daging bebek yang biasanya alot, ketika sudah di songkem, daging bebeknya menjadi empuk puk puk. Dagingnya bisa dengan mudah lepas dari tulang, prulll.

Warung Bebek Songkem ini terletak di jalan Trunojoyo, pusat kota Sampang. Pemilik warung bernama Pak Salim. Alkisah, bebek ini dulunya berfungsi sebagai makanan yang selalu dibawa ketika berkunjung (songkem) ke kyai. Jadi songkem= presto itu hanya istilah yang saya buat, hehehe.

Bebek songkem ini dibuat dengan cara dibersihkan terlebih dahulu. Setelah dibersihkan, bebek diberi bumbu yang terbuat dari lombok merah, garam, bawang merah dan bawang putih. Bumbu itu dibalurkan pada seluruh bagian bebek, luar dan dalam. Tak heran kalau daging bagian dalam pun cukup terasa bumbunya. Setelah dibaluri bumbu, bebek dibungkus dengan daun pisang, lalu diikat agar bumbu dan aroma tetap menyatu saat dilakukan pengukusan. Setelah pembungkusan itu, bebek dimasukkan ke dalam tungku yang sudah diberi potongan pelepah daun pisang. Lalu daging bebek dikukus selama 2 jam. Tak heran,dagingnya terasa begitu empuk dan bumbunya benar-benar meresap.

Cita rasa bebek ini adalah dominan asin dan pedas, dua rasa yang jadi trademark kota Madura. Daging bebeknya benar-benar empuk. Ini daging bebek terempuk yang pernah saya makan. Pedasnya pun benar-benar nampol. Kalau bumbu cabenya diraupkan ke matamu, niscaya matamu akan buta permanen, hahaha. Tapi kalau menurut anda rasa bebek ini kurang pedas, penjual menyediakan sambal bawang yang berwarna merah menyala. Glukkk. Ketika anda makan, dijamin anda akan berkeringat, dengan mulut mengerjap-ngerjap kepedasan.

Bebek songkem paling pas disajikan dengan nasi pulen hangat, dan lalapan timun serta kubis. Minumnya pakai es jeruk. Uenak pol!

Berapa harga seporsi Bebek Songkem? Seingat saya, per porsi 11 ribu, itu sudah termasuk minum. Saya tak ingat harga pastinya, karena saya dibayarin oleh Ayos, hahaha.

Kalau saya disuruh memberikan rating, saya berikan 8 dari 10 bintang. Mantap!

Lahir di Lumajang, besar di Jember, pernah tinggal di Yogyakarta yang menyenangkan, dan sekarang memburuh di Jakarta.