Publikasi

BUKU

1. Alone Long Way From Home (2009). Ditulis bersama Ayos Purwoaji. Buku ini berkisah tentang perjalanan menyusuri Jember hingga Flores dengan naik sepeda motor Grand Astrea 1996. Bisa diunduh di sini.

 

2. Tour de Laweyan (2009). Saya tak ikut menulis di sini. Hanya jadi editor dan menuliskan kata pengantar. Buku ini ditulis oleh Ayos Purwoaji, Navan Satriaji, dan Dini Sasmita. Buku ini berisi tentang wisata di Laweyan, sentra batik di kota Solo. Juga dilengkapi peta dan panduan belanja batik. Bisa diunduh di sini.

 

3. When Will You Come Home (2010). Ditulis bersama Ayos Purwoaji, Dwi Putri Ratnasari, dan Muhammad Nurullah. Ini berkisah tentang perjalanan kami ke Madura dan Pulau Sapudi dengan menggunakan motor. Bisa diunduh di sini.

 

4. Like This: Kumpulan Tulisan Terbaik Jakartabeat (2010). Tulisan saya soal komunitas hair metal di Jakarta dan Yogyakarta masuk dalam buku yang diterbitkan secara independen ini. Sekarang, buku ini sudah tak dicetak ulang, dianggap sebagai buku langka. Kalau kalian punya, simpan baik-baik.

 

5. Menyembuhkan Luka Sejarah 1965 (2011). Ini bunga rampai tulisan para pemenang lomba menulis bertema “Menyembuhkan Luka Sejarah Refleksi Kaum Muda Atas Tragedi 1965″. Kebetulan tulisan saya yang berjudul “Sebuah Senandung Pendustaan” jadi juara pertama dalam lomba yang diselenggarakan oleh Tempo, Goethe Institute, Friedrich Ebert Stiftung, Pusdep, dan Historia ini.Tulisan itu bisa dibaca di sini. Berkat lomba ini, saya dapat beasiswa untuk mengikuti kursus musim panas di Jerman selama 1 bulan.

 

6. Dunia Iskandar (2013). Buku ini berkisah tentang Iskandar, seorang pandit dunia tembakau yang banyak membantu para petani tembakau di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bisa diunduh di sini.

 

7. Kretek : Kemandirian dan Kedaulatan Bangsa Indonesia (2014). Saya tulis bersama senior saya di Tegalboto, Marlutfi Yoandinas. Berkisah soal sejarah kretek, hingga industri dan kebijakan pemerintah. Bisa diunduh di sini.

 

8. Selamat Datang Presiden Jokowi (2014). Buku kolaborasi banyak penulis. Isinya tulisan soal Joko Widodo. Mulai dari harapan, analisis, hingga kritik. Diterbitkan oleh Bentang dalam bentuk buku elektronik. Bisa diunduh di sini.