Toni Blank: Antara Jim Morrison dan Jimmy Carter


*Ini adalah kutipan wawancara saya dengan Toni Blank di Jogja medio Juli 2010. Wawancara penuh dengan Harwan Aconk Panuju sang sutradara TBS, dan Toni Blank dapat dibaca di Majalah Tegalboto XIV “Abnormalitas” yang akan mengguncang ruang anda tak lama lagi 🙂

***

Siapa yang menyangka, Toni Blank yang dianggap tidak waras oleh banyak orang ternyata hafal banyak film, band, hingga nama penyanyi? Bahkan dia pun sempat menunjukkan kepada saya kalau dia bisa bernyanyi. Hebatnya, dia menyanyikan lagu Bicycle Race. Lalu kami berbincang mengenai apa saja di sore yang cerah itu. Mulai pemilu, mahasiswa, film porno, dengan tentunya diselingi beberapa omongan yang melantur kesana kemari. Berbicang dengan Toni sungguh sangat menyenangkan. Ia tidak punya tendensi apapun. Apa yang ia katakan adalah jujur adanya. Ia juga mengajarkan saya nilai-nilai sederhana yang penting, yang ironisnya justru hampir dilupakan oleh kita semua. Saya lantas jadi berpikir. Jangan-jangan kita semua adalah orang yang gila, dan Toni adalah satu-satunya orang yang waras. Karena hanya Toni yang waras, jadinya kita yang menuduh ia gila…



***
Mas Toni ini umur berapa sih?
42. Hehehe

Ah, gak percaya saya, hahaha. Dulu mudanya suka ngapain aja?
Suka nonton film, kayak Detektif Cilik. Commando.

Kalau Commando itu siapa yang main?
Dahulu Arnold.

Kalau Rambo?
Sylvester Stallone.

Mas Toni suka musik?
Suka.

Musik itu apa toh?
Musik itu adalah suatu emosi, luapan jiwa. Dari corak lembut. Mempunyai corak kreasi, watak seseorang yang mempunyai jiwa kepandaian atau pandai, berprestasi dalam bidang seni.

Suka musik apa aja?
Kalo Indonesia suka Mami Ita Purnamasari. Dari Surabaya Elpamas atau Power Metal. Itu kan musik rahasia anak muda. Dari awal tahun 70-80.

Dari luar negeri suka siapa?
Biasanya suka lagu kampus, pendidikan akademik, …. (lalu dia melantur dari kampus A, kampus B, hingga ke dosen).

Tahu gak siapa vokalisnya band Rolling Stones?
Itu papi Mick Jagger

Kalau Queen?
Queen flash itu Freddy Mercury

Emang lagunya Queen itu yang seperti apa toh?
Yang gini, I want to ride my bicycle, I want to ride my bike… (lalu ia menyanyikan Bicycle Race dengan baik dan benar).

Kalo band terkenal dari Inggris itu siapa saja mas?
Itu the Beatles, papi John Lennon. Itu kalau John Lennon no sacrifice, (lalu dia melantur lagi, mulai dari papi government hingga pesawat Hercules).

Mas Toni tahu Jimi Hendrix gak?
Jimi Hendrix? Ya tahu. Itu adalah professor yang menyempurnakan putra papi mami presiden Jimmy carter.

Kalau Jim Morrison?
Ya masih saudaranya papi mami Jimmy Carter. Hanya beda jurusan saja. Satu bagian tema, satu bagian engine…(lalu dia melantur soal busi yang sudah mati 7 tahun, bagaimana caranya biar busi itu bisa hidup. “Itu fenomena rumit” katanya)

10 thoughts on “Toni Blank: Antara Jim Morrison dan Jimmy Carter

Leave a Reply

Your email address will not be published.